Sabtu, 15 Januari 2011

cucilah tangan dengan benar


semua pasti tahu tangan yang kita miliki ini sangat  aktif , bergerak dan bersentuhan dengan  siapa dan dengan apa saja. Mulai dengan mengucek-ucek mata sampai mengorek lubang hidung atau  telinga. Sementara, kuku dan celah jari , rentan menjadi tempat bersarangnya kuman. Jadi, bisa jadi bermacam-macam infeksi bisa dimulai dari gerakan tangan kita .
Tapi, kita bisa mengantisipasi ancaman infeksi dengan melakukan enam panduan langkah mencuci tangan yang efektif. Caranya , pertama, basahi kedua telapak tangan dengan air, lalu tuangkan sabun (untuk sabun cair) atau gosokkan hingga berbusa (untuk sabun batang) ketelapak tangan , lalu gosokkan kedua telapak tangan dengan lembut . kedua, gosok masing-masing punggung tangan secara bergantian. Ketiga, jari jemari saling berjalinan untuk membersihkan sela – sela jari. Keempat, gosokkan ujung jari (kuku-kuku) dengan mengatupkan jari tangan kanan terus gosokkan ke telapak tangan kiri bergantian.  Kelima, gosok dan putar ibu jari secara bergantian . terakhir, gosokkan ujung kuku pada telapak tangan secara bergantian . selanjutnya, bilas dengan air bersih dan mengalir, lalu keringkan dengan tissue.
Mengeringkan tangan dengan pengering elektrik kalo bisa dijauhi. Soalnya kalau alat tersebut tidak rajin di bersihkan , tangan yang didekatkan kea lat pengering malah tersemprot kuman yang bersarang disitu. Dan kalau bisa tissue pun harus yang memakai towel tissue, karena jika dengan tissue gulung , cenderung mudah tersentuh oleh tangan orang lainnya yang mungkin saja tidak higienis. Jadi, ayo mencuci tangan dengan benar untuk kesehatan kita bersama  

Tidak ada komentar: