Sabtu, 16 April 2011

Alasan mengapa napas ngos-ngosan

Sebagai salah satu organ terpenting ,paru-paru mempunyai kapasitas untuk menampung oksigen yang masuk . pada saat olahraga dalam waktu singkat saja napa berubah menjadi ngos-ngosan ini diakibatkan karena kapasitas paru- paru melemah.
Kapasitas paru-paru (VO2max) bisa dibilang salah satu parameter kebugaran seseorang, kalau nilai VO2maxnya besar dan terukur maka makin besar pula kemampuan paru-paru untuk menyuplai oksigen saat beraktivitas dan sebaliknya, kalau kemampuan paru-paru untuk oksigen terbatas maka napas akan terasa ngos-ngosan saat beraktivitas yang lumayan berat, karena paru-paru dan jantung akan bekerja lebih berat untuk memompa oksigen yang dibutuhkan oleh otot agar berfungsi dengan baik.
Menurut seorang dokter ahli, ngos-ngosan merupakan sebuah indikasi bahwa fungsi paru-paru tidak bagus. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kapasitas paru-paru.
Salah satu faktor utamanya adalah aktivitas fisik dimana seseorang dengan gaya hidup kurang gerak,cenderung mempunyai kapasitas fungsi yang rendah.
Faktor lainnya adalah tinggi badan. Makin tinggi seseorang akan panjang langkahnya dan semakin jauh. Kondisi ini akan membuat paru-paru bekerja lebih efisien data berjalan kaki.
Faktor usia juga berpengaruh. Makin tua umur seseorang maka akan semakin menurun kemampuannya dalam bergerak.
Kapasitas fungsi paru-paru juga ada hubungannya dengan daya tahan tubuh , kalau suplai oksigen menurun maka system kekebalan tubuh akan melemah dengan sendirinya sehingga orang menjadi gampang sakit.